P2KK Universitas Muhammadiyah Malang

Untuk kamu calon maba yang nggak ngerti apa maksud P2KK itu, silahkan lihat laman web di p2kk.umm.ac.id

Disini aku bakal memberi tips & trik tentang P2KK, yaitu:

1. Jangan pernah samakan P2KK dengan PESMABA.

Tidak semua kegiatan yang menyangkut kakak tingkat, materi, dll itu berhubungan dengan perpeloncoan. Karena tujuan dari P2KK adalah membangun kedisiplinan dlm hal beribadah dan belajar. So, santai aja. Nggak usah takut.

2. Tidur bersama di Rusunawa.

Biasanya orang alay bakal berpikir “Ih, satu kamar di isi beberapa orang. Tidur di bawah lagi, pakai busa. Pasti nggak nyaman.” SALAH, meskipun fasilitas di Rusunawa nggak sebagus hotel, tapi teman-teman sekamarlah yang bikin suasana seperti di hotel. Jadi nyaman dan nggak mikirin lagi kalau kasur busa bikin flu.

3. Selalu ada yang nggak mandi.

Beruntunglah kamu sekalian yang mandi 1x dalam sehari. Kenapa? Karena waktu bersih diri sore hanya 30 menit, sedangkan satu kamar terisi 6 org. Kebayang kan mandi model apa supaya cukup waktunya?

4. Beruntunglah kamu yang dapat lantai 2.

Rusunawa ini mempunyai 4 lantai. Lantai pertama digunakan untuk kelas, lantai dua sampai empat dipakai untuk kamar. Untuk menuju lantai berikutnya, kamu harus berjuang untuk melewati 18 anak tangga. Jadi kalau kamarmu ada di lantai 4. Berarti 4×18=… isi sendiri lah ya. (PS: Dulu aku di kamar 4.14 -_-)

5. Bawa sabun muka dan parfum.

Jangan pernah menyepelekan dua benda ini kalau kamu berpikir, mandi bisa menghilangkan bau badanmu. Nyatanya di p2kk ini mandi pun jarang. Jadi tinggal semprot, semprot, wangi deh. Jangan lupa bawa bedak dan lipstik supaya terlihat segar.

6. BAWA HP!

Meskipun di peraturan tidak membolehkan kita untuk bawa hape, tapi bawa aja. Nanti co-trainer bakal ngumpulin hapemu untuk dikarantina 1 minggu. Kenapa kita harus bawa hape? Karena kalau p2kk sudah selesai, kita bisa menghubungi orang tua kita. Minta jemput kek, telepon kangen kek, entahlah itu pokoknya bawa saja dan langsung titipkan ke kakak pembimbing.

7. Bawa buku kultum, al-quran & terjemahan, dan tuntunan sholat.

Kenapa? Karena kita bakal disuruh kultum di depan kelas, katanya co-trainer untuk melatih public speaking. Al-quran untuk mengaji. Tuntunan sholat? Kita disuruh menghapal banyak doa. Bawa saja ūüėČ

8. Bawa koper.

Kalau memang barang bawaanmu banyak, jangan pernah malu bawa koper! Bagi cewek-cewek, semua bawa koper. Entah koper + ransel, koper + bantal, koper super gede + tas super gede. Semua bawa koper -_-

9. BAWA ALARM!

Meskipun kita bakal dibangunin jam setengah 3 dini hari, tapi kita harus bawa alarm. Nggak mau kan mau sholat tahajud dalam keadaan belum mandi dan sikat gigi? Set alarm-mu jam 2, kamu bisa mandi sepuasnya jam segitu.

10. Bawa CD yang banyak.

Satu hari bisa ganti CD 2x karena kamu bakal duduk terus di kelas, otomatis kemaluanmu (?) bakal nggak bisa bernapas dengan baik. Biar sehat, ganti CDmu pagi dan sore. Berarti untuk 6 hari harus bawa 12 CD.

11. Jangan cinlok (cinta lokasi)

P2KK yang kemarin aku ikuti, banyak banget yang cinlok. Aku yang diam dan kerjanya cuma senyum kalau ditanyai, ditembak 3 cowok sekaligus dalam hari yang sama (maaf, jadi curhat. hehe) Di kelas lain, cinlok pun merajalela. Sekitar 3-4 pasangan yang cinlok gara-gara P2KK.

So, enjoy your trip (?) in P2KK. It will be the best moment you never forget.

Cause they’re your friends, and for them you’re they friends.

Advertisements

Perbuatan Kecil yang Sering Diacuhkan Cowok Tapi Sangat Dihargai Cewek

Tanpa disadari, perlakuan cowok yang sangat kecil justru di tengok oleh kaum hawa. Justru pengorbanan besar cowok terkadang tidak ditoleh sedikit pun oleh cewek. Untuk itu, ini adalah perbuatan kecil yang sering diacuhkan cowok tapi sangat dihargai cewek :

1. Bantuan tanpa diminta. Sering sekali kita, para kaum cewek disuruh ngangkat benda yang berat dan menaruhnya di sebuah tempat. Tapi¬†sebuah pintu menghalangi kita. Kita ingin membuka pintu itu tapi malas untuk¬†menurunkan benda¬†yang berat itu. Terkadang, cowok yang peduli bakal rela ngebukain itu pintu dan kita dengan ‘kesengsem’ mengucapkan terima kasih padanya.

2. Membagi makanan. Sesama teman sangatlah wajar membagi makanan, tapi terkadang kurang wajar jika seorang cowok menawarkan makanannya pada cewek, apalagi jika makanan tersebut sudah digigit olehnya. Kita (lagi-lagi) kesengsem dan mengambil makanan itu atau kalau si cewek berani banget, ia bakal menggigit makanan bekas gigitan si cowok.

3. Mendahulukan urusan si cewek. Bagi yang masih berstatus pelajar, pasti dan pasti pernah kehilangan pensil atau penghapus atau juga bisa buku yang ngilang secara mendadak. Tapi cowok yang baik, ia akan meminjamkan penghapus atau pensil tanpa kita minta. Padahal, kalian tau kan? Kadang-kadang kotak pensil mereka hampir 80% terisi dengan angin

4. Posisi defensif. Ketika seorang cowok dan cewek berjalan berdua di sebuah trotoar atau pinggir jalan, cewek cenderung berjalan di bahu jalan sedangkan si cowok di tengah. Melihat itu, si cowok selalu mengambil inisiatif untuk menarik lengan kita dan membawa kita ke tengah trotoar. Seolah-olah akan ada mobil yang bakal melukai kita.

5. Mensejajarkan langkah kaki. Tuhan menciptakan cowok lebih besar daripada cewek, termasuk kaki. Langkah kaki cowok sangat besar dan jauh, itu yang menyebabkan cewek selalu berada di belakang dan berusaha untuk mengejar langkah kaki si cowok dengan cara lari-lari kecil. Seorang cowok yang baik dan peduli tentunya, pasti ia akan melambatkan langkah kakinya dan berusaha untuk berjalan sepelan mungkin, agar si cewek bisa jalan dengan santai.

 

Nah, itu saja perbuatan kecil yang dilakukan cowok dan membuat cewek jadi tersipu-sipu.

Apa kamu juga pernah mengalaminya?

Car Free Day

CFD atau Car Free Day merupakan sebuah event bebas kendaraan.

Event ini diselenggarakan karena polusi di kota kian meningkat, untuk itu yang biasa mengendarai sepeda motor atau mobil dihimbau untuk berjalan kaki atau bersepeda. Biasanya diadakan setiap akhir pekan dan dimulai pukul 5 pagi.

Selain di Kota Batu (tempat tinggal saya), CFD juga ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Surakarta, Malang, Sragen, Surabaya, Semarang, dan lain-lain.